Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali)

Authors

  • Eka Restiani Fatimah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Istikomah Istikomah Institut Agama Islam Yasni Bungo

Keywords:

Perkembangan Anak, Kognitif Jean Piaget, Kognitif Al Ghazali

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh seorang tokoh dari barat yaitu Jean Piaget dan seorang tokoh dari Timur (Islam) yaitu Al-Ghazali. Kedua tokoh ini merupakan tokoh yang mempunyai konsep perkembangan kognitif yang perlu dikaji lebih jauh lagi. Penelitian ini menggunakan metode Studi Pustaka (library research), Penelitian ini bersifat deskriptif, komparatif, analitik, yaitu menjelaskan, membandingkan dan menganalisis pemikiran Jean Piaget dan Al-Ghazali secara sistematis. Hasil penelitian ini adalah: Konsep perkembangan kognitif anak usia dini dalam pandangan Jean Piaget dan Al-Ghazali memiliki karakteristik dan ciri-ciri masing-masing. Dalam merumuskan perkembangan kognitif anak usia dini pandangan kedua tokoh memiliki sebuah titik temu atau hubungan yang terdapat dalam aspek kemampuan dari tiap tahap yang dilewati pada proses perkembangan kognitif. tahapan perkembangan kognitif anak usia dini menurut Jean Piaget ada dua tahap yaitu: tahap sensorimotor dan pra-operasional. Sedangkan tingkatan perkembangan kognitif menurut Al-Ghazali yaitu: Al-Aql al-Hayuni dan Al-Aql bi al-Malakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-01

How to Cite

Fatimah, E. R., & Istikomah, I. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali). ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–31. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/alayya/article/view/317